Memelihara Kucing yang Terserang Jamur

Kita tak jarang menemukan kucing yang terserang jamur. Bakal tetapi kami tak tahu bagaimana tutorial menanganinya? Tak butuh khawatir, karna di sini kami bakal memberbagi sedikit tutorial untuk menanggulangi dan menyembuhkan kucing yang terkena jamur.

Memelihara Kucing yang Terserang Jamur

Kucing yang sehat dan cantik bakal mengangkat suasana yang lebih ceria di dalam rumah. Tetapi, susana menjadi agak terganggu apabila kucing terserang jamur. Kucing menjadi terganggu sebab gatal yang menyerang. Membelai kucing pun menjadi momok menakutkan sebab takut tertular jamur.

Supaya serangan tak terus meluas, kenali berbagai tanda serangan jamur. Berbagai ciri alias gejala yang bisa dilihat saat kucing terserang jamur di antaranya: rambut rontok dengan pola melingkar, apabila diraba terasa ada benjolan agak kasar di tubuhnya, dan timbul bercak putih menyerupai ketombe alias sisik. Tahap tubuh yang paling tak jarang menderita kerontokan rambut yaitu tahap wajah dan telinga, perut, dan ekor.

Berbagai langkah penanganan serangan jamur diperbuat sebagai berikut.


1. Pisahkan kucing yang terinfeksi jamur. Hindari kontak langsung dengan kucing maupun pemakaian alat-alat kebutuhannya sehari-hari semacam handuk, sisir, karpet, tempat makan alias minum, dan sebagainya. Faktor ini diperbuat untuk mengantisipasi penularan jamur ke kucing lainnya.

2. Untuk memudahkan perngobatan, sebaiknya cukur rambut kucing di area yang ditumbuhi jamur. Rambut yang tumbuh pada kulit terinfeksi jamur biasanya telah rapuh sehinga mudah dicabut. Apabila tersedia berbagai titik penyebaran jamur, sebaiknya kucing digunduli terlebih dahulu.

3. Mandikan kucing dengan shampo medicated untuk jamur. Sekarang tak sedikit tersedia merek shampo khusus untuk pengobatan jamur, umpama sebazole, malaseb, dan sebagainya. Peralatan lain yang diperlukan merupakan handuk, sikat gigi, sikat (brush comb), dan hairdryer.

4. Keringkan bulu kucing dengan benar. Jamur bakal lebih mudah berkembang biak di tempat yang lembap dan tertutup. Pastikan kucing yang telah dimandikan dikeringkan dengan handuk. Untuk memudahkan proses pengeringan, perbuat pengeringan dengan hairdryer. Apabila telah kering, berbagi tambahan waktu 15 menit supaya pengeringan maksimal. Keringkan sambil menyisir rambut, yang  berfungsi menghapus rambut rontok dan mempercepat pengeringan bulu. Pastikan bulu dan seluruh tubuh kucing kering hingga ke kulit, khususnya di daerah berambut tebal dan agak susah semacam daerah perut, kaki belakang, daerah di antara kaki belakang, pangkal ekor, dan telapak kaki.

5. Oleskan salep, krim, alias spray anti jamur. Salep alias krim yang mengandung sulfur dikualitas manjur untuk mengobati jamur. Untuk serangan jamur yang tetap termasuk ringan, pemberian betadine telah dikualitas cukup. Spray jamur dikualitas sangat praktis sebab pemakaianya lumayan disemprotkan ke area yang terinfeksi jamur, berbarengan dengan proses pengeringan. Apabila diperlukan, berbagi obat oral semacam itraconazole alias sporanox sesuai resep yang diberbagi oleh dokter hewan

6. Cuci dan rendam peralatan yang terkontaminasi jamur dengan desinfektan. Peralatan yang dipakai untuk mengobati jamur kucing pun sebaiknya dibersihkan dengan disinfektan dan dikeringkan.

7. Bersihkan kandang dengan vacuum cleaner, supaya rambut dan serpihan kulit kering tak menyebar ke area lain. Keluarkan peralatan-peralatan yang sekiranya ada di dalam kandang untuk memastikan setiap aspek telah dibersihkan dengan maksimal. Semprot kandang dengan desinfektan.

8. Pemberian vitamin bisa menjadi salah satu tutorial untuk mengobati kucing yang terserang jamur. Berbagi vitamin penambah daya tahan tubuh untuk kucing. Apabila antibodi kucing kuat, jamur tak bakal mudah menyerang kembali.

9. Pastikan supaya ruangan dan kandang yang dihuni kucing tak lembap. Ukur kelembapan ruangan dengan hygrometer. Kelembapan ideal berada pada kisaran 40—50%, di mana pada titik kelembapan tersebut jamur bakal mati dan tak bisa berkembang. Pemakaian AC dan dehumidifier bakal sangat menolong. Sesekali keluarkan kucing dan diamkan di bawah sinar matahari pagi. Waktu paling baik merupakan pada pukul 07.00—10.00 pagi.


Berjemur salah satu tutorial supaya kulit tak lembab

Kisaran waktu penyembuhan infeksi jamur bermacam-macam. Total waktu penyembuhan kurang lebih 1 minggu hingga 1 bulan. Satu hingga dua minggu pertama, kulit kucing bakal tampak bersih dari sisik dan kucing menjadi jarang menggaruk. Artinya, kulit telah mulai sembuh dari jamur. Pengobatan bisa diperbuat terus hingga tahap yang pitak/botak ditumbuhi bulu-bulu muda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fortuner: Mobil Keluarga Masa Kini

Cara Supaya Rem Cakram Makin Pakem